Kajian 2 : Bekal Perjalanan Menuju Hari Akhir



Hari akhir merupakan hari yang tidak lagi hari setelahnya. Perjalanan untuk menempuhnya sangat panjang dan melelahkan. Kita membutuhkan banyak bekal dalam perjalanan agar dapat sampai menuju surga Allah dengan selamat. Dan bekal yang paling utama kita butuhkan adalah taqwa (Qur’an Surat Al Baqarah:127)


Bertaqwa kepada Allah adalah melaksanakan perintah-perintah Allah sesuai dengan dalil yang shahih dengan niat semata-mata karena Allah dan meninggalkan segala yang dilarang Allah sesuai dengan dalil yang shahih karena merasa takut dengan adzab Allah saw.

Orang yang paling beruntung  dan berbahagia di akherat kelak adalah orang yang bersabar ketika hidup di dunia dan selalu berusaha istiqomah untuk mengumpulkan bekal yang cukup untuk perjalanan yang sangat panjang tersebut. Merekalah orang-orang yang tidak akan takut dengan apa yang akan mereka hadapi dan mereka tidak bersedih dengan apa yang sudah mereka tinggalkan.

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan Rabbku adalah Allah, kemudian dia beristiqomah maka tidak akan ada ketakutan atas mereka dan mereka tidak akan bersedih.” (Q.S Al A’raf:13)

Dan orang yang celaka di akherat kelak adalah orang yang selalu menuruti hawa nafsunya selama di dunia dan dia lalai dengan hari pembalasan. Sesungguhnya mereka mencintai kehidupan dunia dan meninggalkan hari yang berat yang ada di hadapan mereka. (Qur’an surat Al Insan:27)

Semoga Allah swt memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang bertaqwa.

Wallahu’alam



* Disarikan dari kajian Ust. Abdullah Roy 



Active Search Results