Produksi Keju Mozarella Junrejo Batu Malang



Bismillahirrohmanirrohiim....

Mozzarella adalah keju Italia yang dibuat dengan cara diputar dan dipotong, karena dalam bahasa Italia, mozzare berarti memotong. Keju ini dibuat dari susu sapi ataupun susu kerbau. Mozzarella di bufala dibuat dari susu kerbau, sementara mozzarella fior di latte dibuat dari susu sapi yang di pasteurisasi. Mozzarella segar umumnya berwarna putih, namun dapat berwarna kuning terang tergantung makanan sapi/kerbau yang diambil susunya. Tekstur keju ini lembut dan berkadar air tinggi. Pada umumnya, keju yang dibuat pada hari itu, dimakan pada hari itu juga. Walaupun demikian, keju ini dapat bertahan hingga satu minggu bila direndam di air garam. Mozzarella dengan kadar air yang rendah dapat disimpan di lemari es hingga satu bulan, dan dapat bertahan lebih lama bila dijual dalam kemasan hampa udara. Mozzarella berkadar air rendah yang sudah diparut dapat disimpan hingga 6 bulan. Keju ini digunakan pada pizza, lasagna, atau dimakan dengan irisan tomat dan basil pada hidangan insalata caprese.

Mozzarella pertama kali dibuat di dekat Naples, Italia dengan menggunakan susu kerbau. Ketika itu banyak terdapat kerbau-kerbau di daerah pedesaan yang digunakan untuk mengangkut barang dan membajak. Menurut legenda, keju Mozzarella pertama kali dibuat secara tidak sengaja. Seseorang menjatuhkan dadih ke dalam ember berisi air panas di sebuah pabrik keju di Naples dan jadilah keju Mozzarella yang dikenal saat ini. Karena dibuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi dan belum adanya lemari pendingin maka keju ini tidak dapat bertahan lama dan karenanya tidak dapat dikirim ke daerah di luar Naples. Ketika teknologi mulai berkembang maka keju ini pun dapat dikirim ke daerah-daerah lainnya di Italia. 


Mozzarella umumnya memiliki warna putih porselen dengan kulit yang sangat tipis dan halus. Ketika keju ini dipotong, ia akan menghasilkan cairan putih yang beraroma susu. Mozzarella yang dibuat dengan susu sapi tidak sehalus Mozzarella yang dibuat dengan susu kerbau. Keju Mozzarella dijual di Italia bersama dengan air dadihnya untuk menjaga kesegarannya. Keju ini merupakan keju segar yang harus langsung dimakan dalam beberapa hari setelah pembuatan. 

Pembuatan Mozarella
Keju ini dibuat dengan pertama-tama memanaskan susu dengan suhu 33-36 °C dan rennet pun ditambahkan. Dadihnya kemudian dipisahkan dan dipotong-potong menjadi seukuran hazelnut agar menjadi lebih cepat kering. Setelah itu, dadih didiamkan selama lima jam hingga mencapai angka pH paling tidak 5.2 sebelum dadih tersebut siap dipintal. Dadih-dadih kemudian dimasukkan ke dalam air panas dan apabila dadih tersebut menjadi lembut dan membentuk untaian maka ia telah siap untuk diadoni. Ketika diadoni apabila dadih menjadi pecah berarti ia tidak cukup asam dan harus didiamkan lebih lama. Ketika dadih siap diadoni, dadih tersebut akan dipotong menjadi potongan kecil dengan disirami air panas. Setelah itu, keju diadoni dan dibentuk sesuai keinginan. Keju Mozzarella yang sudah selesai dibentuk kemudian ditaruh dalam air dingin untuk menjaga bentuknya lalu disimpan dalam air garam. 



Oke, demikian sekilas info tentang keju mozarella yang diambil dari wikipedi... Nah, ternyata bagi para penggemar keju mozarella sekarang tidak perlu jauh-jauh pergi ke Itali lho untuk mendapatkan keju ini. Bagi teman-teman yang tinggal di daerah Malang atau sekitar Batu cukup teman-teman datang ke KUD Junrejo, Batu. Disana ada tempat pembuatan keju mozarella sekaligus showroom nya. Harganya tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga keju mozarella import yang dijual di supermarket atau mall-mall, bahkan masih lebih murah dibanding dengan keju cheddar yang umum dijual di toko-toko.

Untuk per satu kilogramnya keju mozarella produksi Junrejo Batu ini dijual kisaran 100 ribuan. Nah, bagi teman-teman yang tertarik berkunjung kesana bisa lewat proliman ya.. simpang lima Junrejo itu, sebelum indomart ada jalan naik arah ke Predator Fun Park, nah masuk situ, sekitar 200 meter kiri jalan ada bangunan berwarna hijau, sudah sampai deh... disana juga menerima magang dan kunjungan dari sekolah-sekolah, nanti akan dipandu step by step proses pembuatan keju mozarella dan susu yogurt dengan lengkap. Tertarik? Yuk kesana... ^_^


Just for share, semoga bermanfaat

 

3 komentar:

Active Search Results