Pancake Menul



Resep pancake ini diambil dari blog pribadi Martha Stewart. Hasil akhirnya dijanjikan sangat fluffy alias menul-menul... penasaran. Saya pun mencobanya...

Nah, karena ini resep milik orang bule, maka takaran yang dipakaipun bukan metrik tapi pakai cup. Berhubung saya tidak paham takaran cap cip cup dan semacamnya, maka berselancar kemana-mana untuk mengkonversi dari si cup ke takaran metrik pun dimulai, dan sayapun terdampar di sebuah blog yang –menurut saya- sangat bisa dipercaya. Di situ dituliskan bahwa 1 cup susu adalah 250 ml dan 1 cup tepung sama dengan 110 gram.

Percobaan pun dimulai. Saya manut nut dengan konversi takaran yang ada. Dan ternyata, firasat buruk pun mulai membayang .... adonan yang saya buat sangat encer sekali >_<



Karena konsumen sudah terlanjur menunggu dengan setia, rasanya kok ga lucu banget kalau saya buang adonan itu lalu membuat konfrensi pers ‘maaf, pancake nya ga jadiii..’ yaaa.. pasti kecewa berat deh ya. Maka, dengan memegang teguh keyakinan bahwa anak-anak adalah tipe pemaaf, saya pun tetap mengolah adonan encer tersebut. Hasilnya??? Ludes tak bersisa! Padahal jelas hasilnya bantat sudah.. hehehe... saya sempat icip satu karena memang dapatnya satu xixi, rasanya lebih mirip telur dadar yang berasa cake, menul-menul dan lumer di mulut. Gurih namun nda eneg, empuk, bantat tat nda berpori. Mungkin bagi anak-anak rasanya pas menurut lidah mereka ya.. ga tau aslinya emaknya gagal total :D


Pagi ini saya coba buatkan pancake dan kali ini saya benar-benar memperhatikan betul takaran. Saya survey di beberapa blog antara lain blognya mbak Hesti, Diah Didi dan mbak Ricke. Dengan sedikit menggunakan insting, maka alhamdulillah jadi deh pancake idaman... Sesuai banget dengan hasil yang harus dicapai: berpori, empuk, menul-menul.. duuh, senengnya. Namun ada yang membuat saya langsung lumer bangganya ketika Naqib berkata, ‘Mi... enakan yang kemarin mi pancake nya..’ Lhoooo...?????

Yuk ni dia resepnya.. Resep sudah saya konversikan ke metrik ya biar ga bingung dan untuk catatan saya juga :


Resep Pancake Menul
Bahan kering :
250 gram tepung terigu protein sedang
3 sdm gula pasir
½ sdt garam
2 sdt baking powder
1 sdt baking soda

Bahan basah :
300 ml buttermilk
4 sdm margarin dilelehkan
2 butir telur


Cara Membuat Pancake Menul:

1.       Campur rata bahan kering
2.       Campur rata bahan basah.
3.       Masukkan bahan basah ke dalam bahan kering. Aduk asal campur.
4.       Panaskan wajan, oles dengan sedikit minyak atau margarin. Tuang adonan 1 sendok sayur.
5.   Tunggu hingga muncul gelembung-gelembung kecil. Segera balik. Tunggu hingga bagian bawah berwarna kecoklatan. Angkat. Lakukan hingga habis.
6.     Sajikan pancake hangat-hangat dengan diberi topping sesuai selera. Dapat disiram SKM, madu, syrup, selai, coklat cair, keju, meisis, atau ice cream.



Tips Pancake:

Rahasia menghasilkan pancake yang fluffy ada tiga, pertama adalah dari penggunaan buttermilk. Ini penting. Buttermilk lah yang membuat adonan yang dihasilkan menjadi lebih empuk dan menul. Buttermilk bisa didapat di swalayan besar dengan harga yang lumayan wow. Kita dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan susu segar yang diberi perasan air jeruk nipis atau cuka. Karena stok jeruk nipis di rumah lagi habis, maka dua kali saya membuat buttermilk untuk pancake menggunakan cuka. Caranya, 2 sdm cuka tuang ke dalam 300 ml susu segar. Diamkan selama 10 menit. Akan terlihat gumpalan-gumpalan lemak susu, buttermilk sudah jadi dan siap dipakai.

Rahasia kedua dalam pencampuran bahan basah dan bahan kering. Aduk asal campur saja, jangan terlalu lama mengaduk dan jangan sampai kalis. Biarkan masih terlihat bergerindil, karena justru itu yang membuat tekstur pancake empuk.

Rahasia ketiga dari cara memasaknya. Begitu terlihat gelembung atau lubang-lubang kecil pada permukaan, segera balik. Jangan menunggu hingga permukaan kering karena itu justru akan membuatnya bantat. Membalik adonan yang permukaannya masih basah tentu saja tidak mudah. Adonan akan belepotan dan tidak dapat tampil cantik, namun pancake yang dihasilkan akan lebih lembut walau pinggirnya tak rata. Namun jika teman-teman ingin mendapatkan pancake yang lembut sekaligus cantik misal untuk jualan, teman-teman bisa menggunakan snack maker double pan. Biasanya ada 4 lubang dalam 1 pan jadi sekali masak bisa langsung 4, begitu adonan terlihat berlubang-lubang, segera tutup pan dan balik. Asyik ga pakai belepotan, tampilannya akan lebih cantik dan manis.. Kebetulan saya masih belum punya jadi pakai wajan biasa aja... tetap laris juga kok.. ^_^


Selamat mencoba semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Active Search Results