Resep Donat Kentang NCC




Ini adalah kue yang paling sering dibuat almarhum ibu saya. Dulu beliau paling sering mendapat pesanan kue donat kentang. Saking seringnya hingga saya yang kala itu masih SD menjadi merasa eneg dengan bau gorengan donat. Jadi kalau ibu waktunya menggoreng, maka saya pun lari sejauh mungkin karena jika mencium baunya berasa mau mumun, dan lihat bendanya pun walo dihias secantik nan semenarik apapun, rasanya nda ada minat sama sekali untuk mengambilnya meskipun dalam keadaan perut lapar! Dan, kue ini pun menjadi kue yang paling tidak saya sukai karena mblengerrr.com :D

Perasaan eneg ini baru mulai ternetralkan menjelang saya lulus kuliah *kebayang betapa lamanya* dan akhirnya saya pun menikah dengan seseorang yang suka sama donat kentang... wiiiiiiingggg :D


Dan setelah sekian lamanya pun baru kali ini saya memberanikan diri membuat donat kentang sendiri. Tanpa cetakan donat karena memang ga ada niat dan minat untuk sering membuat donat. Jadi mohon maklum kalau bentuknya acak-acakan bin amburadul ^_^

 
Untuk rasanya... mmm enak dan empuk!

Berikut resepnya yang saya ambil dari Natural Cooking Club dan sudah saya modifikasi. Makasih banyak ibu Fatmah Bahalwan atas resepnya 


Resep Donat Kentang NCC

Bahan kering:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
100 gr gula pasir
11 gr ragi instant

Bahan basah:
200 gr kentang kukus, blender dan dinginkan
2 butir telur
100 ml air dingin (tuang sedikit demi sedikit dulu)

½ sdt garam
75 gr margarin


Cara Membuat Donat Kentang NCC

1.       Campur bahan kering. Aduk rata. Buat lubang ditengah.
2.       Masukkan bahan basah. Uleni hingga kalis.
3.       Masukkan garam dan margarin. Uleni hingga kalis elastis. Istirahatkan hingga mengembang dua kali. (kira2 30-45 menit)
4.       Bagi adonan menjadi masing-masing 30 gr. Bulatkan. Diamkan 20 menit.
5.       Cetak dengan cetakan donat atau lubangi tengahnya dengan jari segera goreng dengan api kecil. Tunggu hingga berwarna keemasan. Angkat.
6.       Taburi dengan gula halus atau hias dengan coklat leleh dan meisis keju.


Tips :
Lama waktu pengistirahatan  adonan tergantungan kehangatan ruangan masing-masing. Semakin hangat ruangan maka semakin cepat proses fermentasi.
Pada saat menggoreng, gunakan sumpit untuk diputar-putar pada tengah donat agar bentuk tetap cantik.
 

Selamat mencoba semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Active Search Results