Kajian 5 : Dosa Besar Dan Dosa Kecil


Perlu kita ketahui tentang berbagai dosa yang berbahaya bagi kehidupan kita di akherat sehingga kita dapat menjaga diri dan berusaha menjauhi dosa-dosa tersebut.

Yang pertama adalah dosa bid’ah. Dalam bahasa, bid’ah berarti mengada-adakan amalan yang tidak ada tuntutannya di dalam syariat dan dimaksudkan untuk berlebih-lebihan dalam bertaqarrub kepada Allah swt. Rasulullah saw bersabda, “Sejelek-jelek perkara adalah perkara yang diada-adakan. Dan setiap bid’ah adalah sesat.” (H.R Muslim)

Karenanya, meskipun perkara bid’ah ini tidak termasuk kedalam kekufuran dan tidak sampai membuat pelakunya menjadi kafir, namun hal ini termasuk perkara sesat dan dibenci Allah swt karena pelaku bid’ah seolah-olah menganggap bahwa ajaran-ajaran yang sudah dituntun dan diajarkan Rasulullah saw belumlah sempurna sehingga perlu untuk ia tambahi lagi. Dan lebih dari itu, bahwa pelaku bid’ah ini seolah-olah menuduh bahwa Rasulullah saw telah mengkhianati risalah Allah swt.

Para pelaku bid’ah ini secara otomatis merasa dirinya telah berada di atas pelaku sehingga usaha untuk meluruskannya terkadang sangat sulit dilakukan.

Dosa yang sangat berbahaya selanjutnya adalah dosa-dosa besar, yaitu dosa-dosa yang diancam pelakunya dengan adzab di dunia, atau laknat dari Allah swt atau diancam dengan neraka.  misalnya mencuri, membunuh jiwa yang diharamkan, berzina, riba, durhaka kepada kedua orangtua, dan sebagainya.

Kemudian yang ketiga adalah dosa-dosa kecil. Adalah dosa yang tidak sampai membawa pelakunya ke dalam dosa-dosa besar seperti melihat aurat wanita yang tidak halal baginya dan lainnya. Dosa kecil ini tidak sampai membawa pelakunya kepada neraka, namun apabila dilakukan secara terus menerus tanpa keinginan melakukan taubat, maka akan menyeret pelakunya kedalam dosa besar. Rasulullah saw bersabda, “Hati-hatilah kalian terhadap dosa-dosa yang dianggap ringan karena sesungguhnya dosa-dosa tersebut berkumpul pada diri seseorang sampai membinasakannya.” (H.R Imam Ahmad)

Dosa berupa kezaliman kepada orang lain baik kezaliman berupa harta, fisik, harga diri dan kehormatan akan menjadi penyesalan di hari akhir kelak.

Semoga kita senantiasa dilindungi dan diberi petunjuk oleh Allah swt sehingga kita selalu berada di jalan yang lurus dan senantiasa terjaga dari melakukan setiap dosa yang dibenci Allah swt.
Aamiin..



* Disadur dari kajian Ust. .Abdullah Roy



 
Active Search Results