Kajian 24 : Ditiupnya Sangkakala Kedua



Setelah kita mengenal ilmu dan hakikat tentang ditiupnya sangkakala pertama, maka kajian selanjutnya kita akan mengkaji mengenai tiupan sangkakala yang kedua sesuai dengan Al Qur’an dan hadits.


Setelah tiupan sangkakala yang pertama dan meninggalnya seluruh manusia di muka bumi maka akan ditiup sangkakala untuk yang kedua kalinya. Dalam hadits dijelaskan bahwa jarak antara dua tiupan tersebut adalah 40, wallahu’alam apakah 40 hari, 40 bulan, atau 40 tahun. Ketika mereka bertanya kepada Abu Hurairah, shahabat yang meriwayatkan hadits ini, maka beliau, Abu Hurairah enggan menjawab. Para ulama berpendapat, bahwa hal ini dikarenakan beliau tidak mengetahui ilmunya. Rasulullah saw hanya menjelaskan dalam hadits nya bahwa, “Antara dua tiupan 40.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Dan diantara dua tiupan inilah, Allah swt akan menurunkan hujan yang ringan, dan melalui perantaranya akan tumbuh jasad manusia di dalam kuburnya, sebagaimana yang diceritakan di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. 

Tulang ekor manusia yang telah dikabarkan oleh nabi Muhammad saw bahwa ia tidak akan hancur, akan tumbuh seperti tumbuhnya tunas pada tumbuhan setelah turunnya hujan, sehingga dengan izin Allah swt akan terbentuklah manusia kembali.

Dalam sebuah hadits shahih riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah saw bersabda, “Kemudian Allah swt akan menurunkan hujan dari langit maka merekapun akan tumbuh seperti tumbuhnya tunas. Tidak ada dari badan manusia sesuatu kecuali akan rusak, kecuali satu tulang yaitu tulang ekor dan darinyalah akan dibentuk manusia pada hari kiamat.”

Dan Dialah Allah swt yang telah menciptakan manusia dari permulaan kemudian akan mengembalikan menghidupkan kembali dan menghidupkannya itu adalah lebih mudah bagi Allah swt.” (Q.S Ar-Ruum : 27)

Setelah seluruh manusia telah terbentuk kembali jasadnya secara utuh maka malaikat akan meniup sangkakalauntuk yang kedua kalinya, maka akan dikembalikanlah ruh-ruh kepada jasadnya masing-masing maka hiduplah kembali manusia seluruhnya serta akan dibangkitkan mereka dari kuburnya masing-masing. Dan kubur pertama yang terbuka adalah kubur Rasulullah saw.

“Kemudian akan ditiup sangkakala yang kedua kalinya maka tiba-tiba mereka bangkit dalam keadaan menunggu.” (Q.S. Az-Zumar : 68)



* Diambil dari kajian Ust. Abdullah Roy


 
Active Search Results