Kajian 19 : Keadaan Kaum Muslim Setelah Meninggalnya Nabi Isa As



Setelah Nabi Isa as turun untuk menyelesaikan tugasnya membunuh Dajjal dan kemudian membinasakan Yajuj danMajuj. Beliau memimpin bumi selama beberapa tahun. Di bawah kepemimpinannya itulah, kehidupan terasa indah, penuh keadilan dan ketentraman.

Kemudian beliau meninggal dunia dan disholatkan oleh kaum muslimin. Setelah Nabi Isa as meninggal dunia, maka muncullah tanda-tanda besar hari kiamat yang lain. Setelah jaya dalam kepemimpinan Nabi Isa as, maka Islam kembali melemah sedikit demi sedikit setelah kepergian beliau dan akan diangkatlah Al Qur’an dalam satu malam.


Dalam sebuah hadits  shahih yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah saw bersabda, “Islam akan hilang sedikit demi sedikit, seperti hilangnya lukisan pada pakaian sehingga tidak diketahui apa itu puasa, shalat, menyembelih, dan shodaqoh. Akan diangkat Al Qur’an dalam satu malam sehingga tidak tersisa satu ayat pun. Dan akan ada beberapa kelompok manusia laki-laki tua dan wanita tua mereka mengatakan, ‘Kami mendapatkan nenek moyang kami dahulu di atas kalimat Laa ilahaa Illallah maka kami pun mengatakannya.’

Akan datang masa dimana banyak perzinaan dilakukan secara terang-terangan di pinggir jalan. (H.R. Muslim)

Tidak ada haji ke Baitullah (H.R. Bukhari)

Ka’bah akan dihancurkan oleh sebagian orang (H.R Muslim)

Manusia akan kembali ke zaman jahiliyah, bahkan lebih parah. Akan kembali tersebar penyembahan terhadap berhala dan merekalah orang-orang yang akan menyaksikan dahsyatnya hari kiamat. Rasulullah saw bersabda, “Tidak akan bangkit hari kiamat kecuali atas orang-orang yang paling jelek yang mereka lebih jelek daripada orang-orang yang hidup di zaman jahiliyah.” (H.R. Muslim)

Urutan tanda-tanda besar dekatnyahari kiamat adalah sangat jelas di dalam hadits-hadits yang shahih, demikian pula tanda-tanda besar setelahnya yaitu munculnya api yang akan menggiring manusia ke padang mahsyar atau tempat pengumpulan.

Adapun enam tanda besar hari kiamat yang lain yaitu, terbitnya matahari dari barat, keluarnya daabbah, keluarnya asap, terjadinya tenggelamnya sebagian tanah atau khosf di barat, khosf di Timur, dan khosf di Jazirah Arab maka wallahu ‘alam tentang urutan yang benar darinya.

Hanya Rasulullah saw telah mengabarkan bahwasanya antara terbitnya matahari dari barat dan keluarnya seekor binatang melata dari bumi atau daabbah jaraknya adalah sangat dekat. Jika salah satu dari keduanya muncul, maka yang lain akan segera muncul.

Wallahu’alam bish showab.


* Diambil dari kajian Ust Abdullah Roy Silsilah Beriman kepada Hari Akhir


 
Active Search Results