Kajian 16 : Turunnya Nabi Isa as. (1)



Ketika orang-orang Yahudi berbuat makar dan hendak membunuh Nabi Isa as, maka Allah swt menyelamatkan beliau dengan mengangkat beliau ke atas kepada sisi Allah swt. Dan turunnya Nabi Isaas kembali ke bumi, Allah jadikan hal itu sebagai salah satu tanda besar dekatnya hari kiamat. (Q.S Az-Zukhruf:61)

Nabi Isa as turun pada saat kaum muslimin mengalami masa-masa genting akibat dahsyatnya fitnah Dajjal. Beliau turun di waktu Shubuh dan shalat di belakang Imam Mahdi, pemimpun kaum muslimin saat itu. Rasulullah saw bersabda, “Bagaimana kalian jika turun Ibnu Maryam di tengah-tengah kalian dan imam kalian saat itu adalah dari kalian?” (H.R. Bukhari dan Muslim)


Hal pertama yang dilakukan oleh Nabi Isa as adalah membunuh Dajjal. Dajjal pada saat itu sedang melakukan pengepungan kepada kaum muslimin di Baitul Maqdis. Kemudian Nabi Isa as mendatangi Dajjal dan begitu Dajjal melihat Nabi Isa, tubuhnya pun meleleh seperti melelehnya garam lalu Nabi Isa as membunuh Dajjal dengan tombak kecil beliau. Kemudian kaum muslimin pun memerangi orang-orang yang bersama Dajjal diantaranya adalah orang-orang Yahudi, diceritakan bahwa sampai batu-batu dan pohon-pohon pun ikut membantu orang-orang beriman dalam memerangi Yahudi.

Batu-batu dan pohon-pohon itu akan berbicara dan memberitahu orang-orang beriman apabila ada orang Yahudi yang bersembunyi dibaliknya, kecuali pohon Gharqad. Ia akan diam saja dan membantu Yahudi bersembunyi di baliknya.

Setelah Dajjal terbunuh dan Yahudi diperangi, maka keluarlah Yajuj dan Majuj dan membuat kerusakan di muka bumi, kemudian Nabi Isa as memimpin kaum muslimin untuk berdo’a agar Allah swt membinasakan mereka.




 * Diambil dari kajian Ust Abdullah Roy


 
Active Search Results