Brownies Pisang Coklat Ketan Hitam


Ini adalah resep andalanku. Kalau buat si brow ini, wah pasti langsung laris manis...hmm.. Brownies ini berasa tekstur pasir karena imbas dari si ketan hitam, namun itu yang justru mengundang kelezatan dan keunikannya. Ditambah dengan manisnya pisang sehingga kadar gula yang biasanya berlimpah di resep cake dan sejenisnya, bisa terkurangi.

Semakin banyak campuran pisang yang kita masukkan, maka semakin sedikit takaran gula yang diperlukan. Namun, komposisi pisang berdampak pada masa expired si brow ini. Saya pernah memasukkan 4 pisang ambon sekaligus dan hasil akhirnya memang lebih yummy rasa manis pisang banged, namun belum 24 jam, si brow sudah menunjukkan penuaan dini alias aroma expired mulei muncul..

Jadi sedikit trik dari saya, ketika ngoven (maaf ya bahasanya aneh, soale saya orang Jawa :D) itu kita buat over cook tak masalah, asal jangan sampai gosong lho ya. Jika kematangan si brow pas, maka brownies pisang coklat ketan hitam yang lezatos akan berhasil kita ciptakan.  Akan kita dapatkan penampakan si brow, bagian luar kering, namun bagian dalam bassah dan lumer di mulut...mmm
Oya, sebagai pengingat saja, resep ini tanpa bahan additive lho ya, seperti baking powder, emulsifier jenis apapun. Pokoknya murni dan sehat.
Yuk, tanpa berlama-lama, kita cek resepnya ;)

4 butir telur
90 gr gula pasir
150 gr tepung ketan hitam
25 gr coklat bubuk
110 ml minyak sayur
250 gr (2 buah ) pisang   (boleh ambon, raja ato pisang ijo tak masalah – ga ada yang marahin kok). Itu pisang jangan lupa dihancurin ya, kalau saya biasanya saya hancurkan sehancur-hancurnya biar kelak adonan lebih solid. Tapi jangan diblender juga.. bukan apa2 sih, hemat listrik aja, pakai otot lebih hemat dan sehat :D
(maaf, pada kesempatan kali ini yang hancurkan pisang saya amanahkan ke si undul2 Qiya, jadi ga terlalu ancur pisangnya. Tapi tetap zziipp)

Cara Membuat:
1.       Panaskan oven dengan api kecil. Sehingga saat adonan masuk oven kelak, langsung mendapat panas yang stabil.
2.       Campur rata tepung ketan hitam dan coklat bubuk. Ayak.
3.       Telur dan gula dimix hingga mengembang sempurna. Menit pertama pakai kecepatan low, menit kedua kecepatan sedang, dan selanjutnya pakai kecepatan maximum. Mix dengan diputar perlahan searah jarum jam selama 7 hingga 10 menit. Indikasi adonan mengembang sempurna adalah warnanya putih pucat, volume sudah naik 2 hingga 3 kali lipat, dan saat kita ambil sedikit adonan menggunakan sendok, lalu kita jatuhkan maka akan terlihat jejaknya selama beberapa detik.
4.       Masukkan tepung  coklat ke dalam adonan telur sambil di-mix dengan kecepatan sedang. Masukkan secara bertahap ya (saya biasanya 3 tahap). Setiap tahapan, mix sampai tercampur, namun jangan over mix, baru kemudian masukkan tahapan berikutnya.
5.       Masukkan minyak sayur. Aduk asal pakai sendok kayu.
6.       Terakhir, masukkan pisang dan aduk asal campur.
7.       Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles tipis margarin dan ditabur tepung. Masukkan ke dalam oven dengan api sedang selama kurleb 40-50 menit. Tes dengan tusuk sate.

 hasilnya hmmm... brownies lezat nan yummy..

* Catatan: untuk takaran pisang bisa ditambah or dikurangi, sesuaikan dengan takaran gula biar ga eneg kemanisan. 

Semoga bermanfaat. Happy cooking and baking !! 




Active Search Results