Kajian 11 : Tanda-Tanda Hari Kiamat Yang Sudah Dan Sedang Terjadi


Hari kiamat atau hari akhir yang kita yakini akan terjadi, mempunyai tanda-tanda sebelum terjadinya. Dan beberapa tanda hari kiamat tersebut, yang sudah pernah disampaikan oleh Rasulullah saw, telah terjadi di sekitar kita, dan beberapa lagi sedang terjadi.


Yang pertama, keluarnya nabi-nabi palsu atau orang-orang yang mengaku bahwa dirinya adalah utusan Allah. Nabi Muhammad saw bersabda, “Tidak akan datang hari kiamat sampai datang para pendusta mendekati 30 orang. Semuanya mengaku sebagai utusan Allah.” (H.R Bukhari dan Muslim)


Sebagian ulama menafsirkan hadits ini bahwa yang dimaksud adalah orang-orang yang mengaku menjadi Nabi dan memiliki pengikut yang banyak. Adapun para nabi palsu dan hanya memiliki beberapa pengikut saja, maka tidak termasuk di dalamnya. 

Tanda kiamat kedua yang sudah dan sedang terjadi saat ini adalah berlomba-lombanya orang yang dahulunya miskin dalam membangun bangunan. Rasulullah saw ketika ditanya malaikat Jibril tentang sebagian tanda-tanda hari kiamat, maka beliau mengatakan, “Engkau akan melihat orang yang dahulunya tidak beralas kaki, tidak berpakaian, orang miskin, penggembala kambing, mereka saling berlomba-lomba dalam meninggikan bangunan.” (H.R Muslim)

Tanda yang ketiga adalah disandarkannya amanah kepada orang yang tidak berhak. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah saw bersabda, “Apabila sebuah amanah disia-siakan, maka tunggulah hari kiamat.” Salah seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana sebuah amanah disia-siakan?”. Nabi menjawab, “Apabila perkara atau amanah diberikan kepada orang yang tidak berhak, maka itulah hari kiamat.” Jika kita memperhatikan sekitar kita, betapa banyak amanah diberikan kepada orang yang tidak berhak.

Dan yang keempat adalah memberi salam hanya kepada orang yang kita kenal. Dalam sebuah hadits yang shahih Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya diantara tanda hari kiamat adalah apabila salam hanya diberikan kepada orang yang dikenal.” (H.R Imam Ahmad). Sementara petunjuk Nabi Muhammad saw bahwa menyebarkan salam adalah kepada semua orang beriman yang kita temui, baik yang kita kenal maupun yang tidak kita kenal.  

Dan sesungguhnya tanda-tanda tersebut adalah benar-benar telah terjadi dan sering terjadi di antara kita, dan sesungguhnya petunjuk Rasulullah adalah benar karena ia merupakan wahyu dari Allah swt. Sehingga dengan mengetahui hal-hal tersebut hendaklah semakin menambah keimanan kita sebagai seorang muslim dan hendaklah kita semakin waspada dan mempersiapkan diri untuk menghadapi hari kiamat yang semakin dekat masa terjadinya. 


* Disadur dari kajian Ust. Abdullah Roy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Active Search Results