Kajian 21 : Keluarnya Daabbah dan Asap



Keluarnya Daabbah danAsap. Setelah kita mengetahui tanda-tanda besar dekatnya hari kiamat, maka kali ini, kita akan membicarakan mengenai tanda akhir yang lain yaitu keluarnya binatang melata dari dalam tanah dan keluarnya asap.


Termasuk tanda besar hari kiamat adalah keluarnya daabbah yaitu seekor binatang melata yang sangat aneh dari dalam bumi dan dapat berbicara dengan manusia. Dalam hadits shahih riwayat dari Muslim bahwa Rasulullah saw pernah mengabarkan, “Hewan tersebut akan keluar di waktu Dhuha dan dia akan menandai orang kafir di hidungnya sebagai tanda akan kekafirannya. Maka manusia masing-masing dengan jelas akan mengetahui siapa yang mukmin dan siapa yang kafir.”

Allah swt berfirman, “Dan apabila telah datang keputusan atas mereka, maka akan Kami keluarkan untuk mereka seekor binatang dari dalam bumi yang akan berbicara kepada manusia bahwa mereka dulu tidak yakin dengan ayat-ayat Kami.” (Q.S. An Naml : 82)

Dalam hadits yang lain, Rasulullah saw bersabda, “Akan keluar seekor binatang melata dan akan menandai manusia pada hidung-hidung mereka.” (H. R Imam Ahmad)

Dan di antara tanda besardekatnya hari kiamat adalah keluarnya asap. Allah swt berfirman, “Maka tunggulah hari dimana langit akan membawa asap yang nyata yang menutupi manusia. Inilah azab yang pedih.” (Q.S. Ad-Dukhan : 10-11)

Terkait ayat di atas, Ibnu Abbas berpendapat bahwa asap yang dimaksud adalah asap yang akan keluar di akhir zaman sebagai salah satu tanda dekatnya hari kiamat dan asap ini merupakan azab bagi orang-orang kafir.



* Diambil dari kajian Ust. Abdullah Roy



 
Active Search Results