kajian 26 : Kejadian Dahsyat Hari Kiamat



Setelah manusia dibangkitkan dari dalam kubur, akan terjadi kejadian-kejadian dahsyat di bumi yang dapat kita lihat, baik alam atas atau langit maupun alam bawah yaitu bumi dan alam semesta. Tidak ada seorang pun manusia yang mengetahui hakekat kedahsyatannyan kecuali Dzat Yang Menciptakannya, yaitu Allah Azza wa Jalla.


Gunung yang sedemikian besar dan kokoh menancap di bumi akan dijalankan oleh Allah swt sehingga ia pun menjadi fatamorgana, kemudian dihancurkan gunung itu menjadi berkeping-keping seperti tumpukan pasir yang beterbangan, atau seperti bulu yang beterbangan karena dihamburkan. (QS. Al-Waqi’ah:5-6 ; Al-Muzammil:14 ; An-Naba:20 ; At-Takwir:3 ; Al-Qori’ah:5)

Bumi yang sebelumnya tenang, akan digoncangkan dengan segoncang-goncangnya, lalu dibentangkan atas izin Allah, kemudian diganti sifatnya sehingga menjadi jelas, rata, tanpa gunung, tanpa lembah, tanpa pohon. (QS Thoha:105-107 ; Al-Waqi’ah:4 ; At-Takwir:3 ; Al-Zalzalah:1)

Laut-laut akan meluap sehingga menjadi lautan yang satu dan ia akan menjadi lautan api. (QS Al-Infhithor:3 ; At-Takwir:6)

Langit yang memiliki tingkat 7 dan sangat tinggi dan sangat besar, yang Allah tinggikan langit tersebut tanpa tiang, maka pada hari itu akan menjadi sangat rapuh dan lemah, ia akan bergetar dan pecah dan akan berubah warnanya menjadi warna merah seperti warna mawar. (QS Al-Haaqqooh:16 ; Al-Infithor:1 ; Al-Insyiqoq:1 ; Ar-Rahman:37 ; At-Tuur:9 ; At-Takwir:11 ; Al-Furqon:25)

Matahari yang sedemikian besar akan digulung sehingga lenyap dan hilanglah cahayanya. (QS At-Takwir:1)

Bulan akan hilang pula cahayanya dan ia pada hari itu akan dikumpulkan dengan matahari. (QS Al-Qiyamah:8-9)

Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari, Rasulullah saw bersabda, “Matahari dan bulan akan digulung pada hari kiamat.”

Bintang-bintang yang sedemikian banyaknya akan berjatuhan dan ia pun akan lenyap cahayanya. (QS Al-Infithor:2 ; At-Takwir:2)

Ada sebagian ulama kita yang mengatakan bahwa peristiwa ini terjadi terjadi diantara 2 tiupan. Wallahu’alam. Allah swt yang lebih mengetahui mana yang benar. Yang terpenting bagi kita dalam hal ini adalah supaya kita memiliki rasa takut sehingga kita lebih dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi hari besar tersebut dengan amalan baik sebanyak yang kita mampu.
Active Search Results