Kajian 46 : Keadaan Orang-orang Kafir Ketika Masuk ke Dalam Neraka



Halaqoh beriman kepada hari akhir kali ini akan membahas tentang keadaan orang-orang kafir ketika mereka digiring dan dikumpulkan ke dalam neraka.

Pertama, mereka akan digiring dengan kasar.
Allah swt berfirman yang artinya, “Pada hari mereka akan didorong ke neraka Jahannam dengan keras. Dikatakan kepada mereka, inilah neraka yang dahulu kalian dustakan.” (Q. S. At-Thur 13-14)
Yang kedua, mereka akan digiring secara berkelompok dan akan disambut oleh para malaikat penjaga neraka di ambang pintu neraka dengan penuh kehinaan.

Allah swt berfirman yang artinya, “Orang-orang kafir akan digiring ke neraka jahannam secara berkelompok-kelompok, sehingga apabila mereka teah sampai di ambang pintu neraka, dibukalah pintu-pintunya, dan berkatalah para penjaga neraka kepada mereka, bukankah telah datang kepada kalian rasul-rasul yang berasal dari kalian, yang membacakan kepada kalian ayat-ayat Rabb kalian, dan mengingatkan kalian tentang pertemuan dengan hari ini? Mereka menjawab, benar telah datang namun telah tetap adzab bagi orang-orang kafir. Dikatakan kepada mereka, masuklah kalian melewati pintu-pintu neraka jahannam tersebut sedangkan kalian kekal di dalamnya. Maka neraka jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri.” (Q.S. Az-Zumar:71-72)

Yang ketiga, mereka akan dikumpulkan dengan berjalan di atas wajah-wajah mereka.
Allah swt berfirman yang artinya, “Orang-orang yang dikumpulkan ke dalam neraka jahannam dengan berjalan di atas wajah-wajah mereka. Mereka itulah orang-orang yang paling jelek kedudukan mereka dan paling sesat jalan mereka.”(Q.S. Al Furqon:34)

Seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah saw, wahai Nabi Allah, bagaimanakah orang kafir dikumpulkan di atas wajahnya pada hari kiamat. Beliau saw menjawab, “Bukankah yang telah menjadikan ia dapat berjalan di atas kedua kakinya di dunia mampu  untuk menjadikan dia berjalan di atas wajahnya pada hari kiamat?” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Keempat, mereka akan dikumpulkan dalam keadaan buta, bisu, dan tuli.
Allah swt berfirman yang artinya, “Dan Kami akan mengumpulkan mereka pada hari kiamat di atas wajah-wajah mereka dalam keadaan bisu, buta, dan tuli.”(Q.S. Al Isro :97)
Ada sebagian ulama yang mengatakan bahwasanya mereka dalam keadaan buta, bisu, dan tuli tidak dalam semua keadaan. Wallahu’alam

Kelima, mereka akan dikumpulkan bersama dengan teman-teman mereka dan sesembahan-sesembahan mereka. Dan akan saling menyalahkan di antara mereka sebelum mereka dimasukkan ke dalam neraka. Lihat surat As-Shaaffat:22-32.

Keenam, sebelum mereka sampai ke neraka, mereka akan mendengar suara neraka.
Allah swt berfirman yang artinya, “Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar suara neraka yang bergemuruh karena marah.”(Q. S. Al Furqon:12)
Semoga Allah swt menjauhkan kita dan keluarga kita dari neraka jahannam dan semoga Allah swt memasukkan kita ke dalam syurganya.





*Diambil dari kajian Ust. Abdullah Roy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Active Search Results