Kajian 39 : Amalan, Hal, dan Orang Yang Pertama Dihisab



Orang yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat ada 3 orang.  Yang pertama orang yang berjihad karena riya’. Dia akan didatangkan dan diperlihatkan tentang kenikmatan yang Allah sudah berikan kepadanya, maka diapun mengenalnya. Kemudian ditanya oleh Allah swt, “Apa yang kamu lakukan terhadap kenikmatan ini?”, maka hamba tersebut menjawab, “Aku gunakan untuk berperang di jalanMu sampai aku mati syahid.  Allah berkata kepadanya, ‘Kamu berdusta. Akan tetapi kamu berperang supaya dikatakan sebagai seorang pemberani dan manusia sudah mengatakan engkau adalah pemberani. 


Kemudian didatangkan orang yang mempelajari ilmu dan mengajarkannya dan juga membaca Al Qur’an tetapi melakukan itu semua karena riya’. Kemudian didatangkan dan diperlihatkan kenikmatan yang sudah diberikan Allah kepadanya maka diapun mengenalnya, kemudian Allah bertanya, “Apa yang sudah kamu lakukan terhadap kenikmatan ini?” Maka dia berkata, aku mempelajari ilmu, dan mengajarkannya dan aku membaca Al Qur’an karenaMu. Allah berkata kepadanya, ‘Kamu berdusta. Kamu mempelajari ilmu, mengajarkannya, supaya dikatakan ‘alim dan kamu membaca Al Qur’an supaya dikatakan qori’. Dan manusia sudah mengatakan demikian.

Kemudian didatangkan manusia yang sudah diberikan keluasan harta dan berbagai macam harta benda maka Allah memperlihatkan kenikmatan itu di depannya, kemudian Allah bertanya, ‘Apa yang kamu lakukan dengan kenikmatan ini?’. Maka dia menjawab, tidaklah aku tinggalkan satu jalan yang Engkau cinta, aku berinfaq di dalamnya.  Allah berkata kepadanya, ‘Kamu berdusta. Tetapi kamu melakukannya agar kamu dikatakan dermawan. Dan  sungguh manusia telah mengatakan demikian. (hadits shahih riwayat Muslim)

Amalan yang pertama kali dihisab adalah sholat lima waktu. Apakah seorang hamba menyempurnakan sholatnya atau tidak. Jika sempurna maka akan ditulis sempurna, namun apabila tidak, maka Allah swt akan memerintahkan malaikat untuk mendatangkan sholat-sholat sunnahnya. Apabila dia memiliki sholat-sholat sunnah maka akan digunakan untuk menambal kekurangan pada sholat-sholat fardhu. (H. R. Ibnu Daud dan Ibnu Majah)

Adapun hal pertama yang berkaitan tentang hak antar manusia yang pertama kali akan dihisab adalah tentang darah. Rasulullah saw bersabda yang artinya, “Hal yang pertama kali akan dihisab yang berkaitan dengan hak antar manusia pada hari kiamat adalah tentang darah.“(H. R. Muslim)



*Diambil dari kajian Ust. Abdullah Roy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Active Search Results