Kajian 28 : Pengumpulan atau Al Hasyr



Termasuk beriman kepada hari akhir adalah mengimani bahwa semua manusia setelah mereka dibangkitkan dari kubur maka mereka akan dikumpulkan oleh Allah swt. Setelah gunung dijalankan dan bumi dirubah oleh Allah menjadi dataran yang luas terbentang tidak ada sesuatu yang dapat menjadi penunjuk arah, tidak ada yang tinggi dan tidak ada yang rendah, seperti bangunan, pohon, gunung dan sebagainya. 


Dan semua manusia akan memenuhi seruan setelah adanya seruan tersebut oleh penyeru dan mereka semua menuju ke padang mahsyar dan manusia pun terkumpul di sana. Wallahu’alam, apakah padang mahsyar tersebut merupakan bumi yang kita tinggali sekarang yang Allah ganti sifatnya saja ataukah diganti dengan bumi yang lain.

Allah swt berfirman, “Yaitu pada hari ketika bumi diganti dengan bumi yang lain dan demikian pula langit, dan mereka semua berkumpul di padang mahsyar, berkumpul menghadap Allah swt, Dzat Yang Maha Esa lagi Maha Menguasai Segala Sesuatu.” (QS. Ibrahim:48)

Rasulullah saw bersabda, “Akan dikumpulkan manusia pada hari kiamat di atas bumi yang berwarna putih kemerahan roti yang pipih dan datar yang terbuat dari gandum yang bersih, tidak ada tanda bagi seseorang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dikumpulkan manusia semuanya, dari Nabi Adam as sampai manusia yang terakhir, dan tidak ada seorang pun yang ketinggalan. Allah swt berfirman, “Dan pada hari dimana Kami akan jalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi dalam keadaan nampak jelas dan Kami akan kumpulkan mereka semuanya, maka tidak ada diantara mereka yang Kami tinggalkan.” (QS. Al Kahfi:47)

Dalam keadaan telanjang, tidak beralas kaki, dan tidak berkhitan, manusia akan dikumpulkan. Keadaan yang mencekam menjadikan masing-masing sibuk memikirkan keselamatan diri sendiri, sehingga tidak memikirkan aurat orang lain. Dan orang yang pertama kali akan diberikan pakaian adalah Nabi Ibrahim as. (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah saw mengabarkan, bahwa bagi wanita yang meratapi mayat dan dia tidak bertaubat sebelum matinya, maka ia akan memakai baju dari tembaga panas dan baju yang berkudis, atau yang terbuat dari kudis. (HR. Muslim)

Bahkan di padang mahsyar ini akan dikumpulkan semua jin dan akan dikumpulkan seluruh hewan-hewan. Di dalam surat Al An’am ayat 38, Allah Azza wa Jalla ketika menyebutkan hewan-hewan yang melata di bumi dan juga menyebutkan burung-burung maka Allah swt mengabarkan bahwasanya mereka akan dikumpulkan kepada Allah.

Di padang mahsyar, juga akan didekatkan matahari sejauh 1 mil sehingga manusia mendapatkan kesusahan dan kepayahan yang sangat. Mereka mengeluarkan banyak keringat namun sesuai dengan kadar amalannya atau kadar dosanya. Ada yang keringatnya sampai mata kaki, namun ada yang sampai kedua lututnya, atau sampai pinggangnya, bahkan ada yang sampai mulutnya. (HR, Muslim)


* Diambil dari kajian Ust Abdullah Roy di Madinah


 
Active Search Results